PENGUMUMAN

PENGUMUMAN SELEKSI USM/UMB TAHUN 2017

KLIK DISINI


NEXT EVENT

PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK)

KLIK DISINI


PENDAFTARAN ONLINE


  • UJIAN SARINGAN MASUK (USM)

    Ujian Saringan Masuk (USM) merupakan jalur penerimaan melalui ujian tertulis di Kampus UNPAR atau tempat lain yang sudah ditentukan sebagai penyelenggara Ujian Saringan Masuk UNPAR. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM UNPAR dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk.

    Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program USM ini adalah sebagai berikut  :

    1. Persyaratan Umum :
    1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program USM dan lulus SMA;
    2. Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan)
    1. Persyaratan Khusus Program Studi;
    1. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
    1. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi :
      1. Fotocopy akte kelahiran atau paspor
      2. Surat Keterangan Jurusan SMA atau Legalisir Ijazah SMA
        1. untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah
        2. untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3
      3. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
    1. Biaya Pendaftaran

    Secara terperinci biaya pendaftaran Ujian Saringan masuk UNPAR dapat dijelaskan sebagai berikut;

    Jenis

    Biaya Pendaftaran

    Keterangan

    Cara Pembayaran

      Program Sarjana

    Rp. 250.000

    Dapat memilih sampai 3 Pilihan Program Studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan)

    Pembayaran pendataran mengunakan system BRIVA yang dapat dilakukan melalui:

    1. Teller bank BRI (setor tunai atau debet rekening BRI),  
    2. Transfer Tunai atau Debet Rekening dari Bank selain Bank BRI (dapat dilakukan melalui ATM ataupun internet banking, pada dasarnya sama seperti Transfer Antar Bank)
    3. Pembayaran menggunakan Nomor Virtual Account Anda (16 Digit) Dengan Format ID Unpar 70284 + 1 + No. Billing 10 digit, sebagai identitas rekening penerima.

      Program Diploma III

    Rp.150.000

    Satu pilihan untuk Diploma III  Manajemen Perusahaan

     

    1. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program USM :
    1. Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
    2. Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan,
    1. Prosedur Pendaftaran USM dapat dilihat pada gambar berikut